Rentenir Berbaju Kosipa

Jauhi Hutang,

Jauhi Rentenir Berkedok Kosipa


Kosipa (koperasi simpan pinjam) merupakan salah satu lembaga keuangan yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tak seperti KTA Bank, kosipa menyediakan jasa pinjaman dana tanpa jaminan dengan nominal dalam jumlah kecil.

Hal itu erat kaitannya dengan "syarat mudah" yang mereka tetapkan kepada para nasabah yang ingin meminjam uang. Hanya menggunakan fotokopi KTP (kadang juga ditambah fotokopi KK), pinjaman pun meluncur mulus ke tangan nasabah.

Besarnya pinjaman bervariasi. Sepengetahuan saya sih biasanya kosipa memberikan pinjaman antara Rp 100.000 - Rp 2.000.000 untuk nasabah yang baru pertama kali meminjam.

Namun anda jangan tergiur dulu dengan kemudahan itu. Berhati-hatilah dalam meminjam uang di kosipa kalau tidak mau terjerumus ke dalam petaka hutang. Sebab saat ini yang marak terjadi adalah rentenir berjubah kosipa.

Memberikan pinjaman secara cuma-cuma, namun memberikan bunga yang sangat besar dan sangat mencekik leher. Ditambah dengan tekanan tidak manusiawi (menurut saya) yang dilakukan oleh petugas debt collector jika kita terlambat membayar angsuran. Entah itu terlambat hanya 1 hari, maupun terlambat hingga berhari-hari.

Kenapa saya bisa berbicara demikian? Sebab saya mempunyai pengalaman dalam meminjam uang di kosipa. Jadi tulisan ini (dan seperti tulisan kami lainnya) adalah berdasarkan pengalaman dan fakta lapangan. Bukan hanya sekedar teori, dari sudut pandang akademis, atau hanya sekedar kesimpulan belaka.


Salam mapan, demi masa depan keuangan yang lebih baik. (ctr)