Syarat Pinjaman Dana Tanpa Jaminan

Syarat Untuk Pinjam Uang

Pinjaman Tanpa Jaminan


Jasa pinjaman tanpa agunan / jaminan oleh kebanyakan orang dianggap menjadi solusi jitu atas permasalahan keuangan yang sedang mereka hadapi. Namun tidak semuanya paham mengenai syarat apa saja yang diperlukan untuk meminjam uang tanpa jaminan, baik itu dari lembaga keuangan bank maupun bukan bank.

Syarat pinjaman dana tanpa jaminan yang kami maksud di sini bukanlah soal dokumen yang diperlukan dalam pengajuan pinjaman. Melainkan lebih ke syarat pola pikir sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Semoga syarat-syarat yang kami berikan berikut ini dapat membuka pikiran dan memberi solusi terhadap permasalahan keuangan yg sedang anda hadapi.

Syarat yang pertama adalah anda harus pastikan apa yang sebenarnya menjadi tujuan anda dalam mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Apakah untuk melunasi hutang-hutang lainnya, berlibur, renovasi rumah, modal usaha, dsb. Kenapa hal ini penting? Nanti akan kami bahas lebih lanjut.

Syarat pinjaman dana tanpa jaminan yang kedua adalah pastikan bahwa anda mampu membayar cicilan per bulannya. Sewajarnya besarnya cicilan anda tidak melebihi 30% dari penghasilan anda. Oleh karena itu cermatlah dalam menentukan jumlah dan tenor (durasi) pinjaman.

Syarat yang ketiga = fokus! Fokuslah dalam menggunakan uang hasil dari pinjaman tanpa jaminan tersebut. Jangan tergoda oleh apapun dan siapapun. Uang (apalagi dalam jumlah banyak) sangat mudah membuat orang terlena. Karenanya, syarat yang pertama di atas menjadi hal yang penting. Fokuslah menghabiskan uang sesuai dengan apa tujuan sebenarnya anda meminjam uang tersebut.

Jika untuk melunasi hutang-hutang yang ada dengan tujuan membuatnya menjadi "1 pintu", maka pastikan jangan sampai ada hutang yang masih tersisa. Kalaupun ada, sisakan hutang-hutang yang tak berbunga. Begitu pun dengan tujuan pinjaman yang lainnya.

Syarat terakhir adalah yakinkan diri anda. Yakinkan apakah keputusan mengajukan pinjaman yang akan anda ajukan itu benar atau salah. Yakinkan apakah keuangan keluarga anda dapat membaik / justru akan semakin bertambah buruk dengan pinjaman yang akan anda ajukan tersebut.

Keempat syarat tersebut sebenarnya tak hanya untuk pinjaman tanpa jaminan. Anda bisa terapkan juga untuk tipe pinjaman yang menggunakan jaminan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bantu share di sosial media agar semakin banyak orang yang terbantu oleh artikel-artikel blog perencana keuangan keluarga ini. Salam mapan, demi masa depan keuangan yang lebih baik! (ctr)