Asuransi Itu Penting Atau Tidak?

Pentingnya memiliki asuransi

Asuransi HARUS sesuai kebutuhan


Sesuai judul di atas, pasti pertanyaan tersebut sering muncul di benak anda. Betul? Sebenarnya jika kita berbicara soal keuangan keluarga masa depan, asuransi adalah salah satu bentuk instrumen yang mampu memberikan manfaat bagi keluarga anda di masa yang akan datang. Bahkan bisa dibilang menurut saya hukumnya wajib dimiliki.

Mengapa demikian? Pasalnya asuransi bersifat MEMBERIKAN MANFAAT, bukan MEMBERIKAN KEUNTUNGAN. So, definisi memberikan manfaat di sini menurut saya adalah memberikan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi keluarga anda saat keluarga anda membutuhkan manfaat tersebut. Nah, bingung kan? Biar nggak bingung, simak ilustrasi di bawah ini.

Misal:
Asuransi Jiwa.

Manfaat asuransi jiwa:
Uang pertanggungan yang diberikan saat nasabah tutup usia / meninggal dunia.

Gambaran singkat:
Tono memutuskan untuk "membeli" sebuah produk asuransi jiwa dari perusahaan X. Dia memilih program asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sebesar Rp 750.000.000,-. Berdasarkan jumlah uang pertanggungan tersebut, maka Tono harus membayar premi sebesar Rp 200.000,- per bulan.

Tono tentunya memiliki alasan kenapa ia memilih uang pertanggungan sebesar Rp 750.000.000,-. Katanya, uang sebesar itu adalah hasil dari perhitungan jumlah kebutuhan keluarganya selama 5 tahun. Maksudnya gimana sih? Maksudnya adalah, Tono membeli asuransi jiwa tersebut karena Tono ingin memperoleh MANFAAT berupa uang tunai sebesar Rp 750.000.000,- saat ia meninggal dunia. Kepada siapa manfaat tersebut diberikan? Tentu saja kepada ahli waris yang telah ditentukan Tono sebelumnya, misalnya istri. Untuk apa? Ya tentu saja untuk menghidupi istri dan kedua anaknya selama 5 tahun saat Tono telah tiada.

Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa Tono membeli asuransi jiwa untuk memperoleh manfaat uang pertanggungan sebesar Rp 750.000.000,- saat keluarganya membutuhkan manfaat tersebut, yaitu ketika Tono si pencari nafkah sudah tutup usia. Sudah paham kan?

Jadi jelas, asuransi itu sangat penting untuk masa depan keuangan keluarga anda. ASALKAN anda benar-benar memahami kebutuhan manfaat apa yang ingin anda terima.

Saat ini banyak sekali orang yang merasa kapok membeli asuransi. Mungkin anda salah satunya. Sebenarnya pengalaman buruk yang anda alami tentang asuransi semata-mata hanyalah karena kesalahpahaman saja. Si agen asuransi kurang detail menjelaskan produk asuransinya, dan anda pun tak mau mempelajari produk asuransi yang ditawarkan dengan detil (misalnya tidak mau bertanya ataupun malas membaca keseluruhan isi buku polis). Yang ada di benak agen asuransi hanyalah deal / closing, dan yang ada di benak anda hanyalah mendapatkan keuntungan uang yang besar. Jadinya ya seperti sekarang ini, asuransi dianggap sebagai sebuah instrumen yang merugikan dan tidak berguna.

Sekali lagi saya ingatkan bahwa asuransi sifatnya MEMBERIKAN MANFAAT, bukan MEMBERIKAN KEUNTUNGAN. Jadi dalam memilih atau membeli produk asuransi, haruslah benar-benar sesuai kebutuhan manfaat apa yang ingin anda terima.

Asuransi Unit Link, Memberikan Manfaat Sekaligus Keuntungan
Produk asuransi yang banyak beredar dewasa ini adalah produk tipe unit link. Tipe ini menggabungkan dua unsur perencanaan keuangan masa depan, yakni asuransi jiwa dan investasi reksadana. Jadi jelas asuransi tipe unit link sangat cocok bagi anda yang nggak mau repot karena premi bulanan sudah termasuk dengan dana investasi. Kelemahan dari tipe unit link ini menurut saya adalah hasil investasi yang tidak optimal karena dipotong biaya ini itu (makanya, baca buku polis. Hehe).

Lain cerita kalau misalkan kita membeli sebuah produk asuransi jiwa murni semisal Asuransi Jiwa ProActive milik Manulife. Dengan premi bulanan yang lebih kecil, anda tentu saja akan mendapatkan manfaat uang pertanggungan yang jauh lebih besar. Sebab, premi tersebut murni digunakan untuk produk asuransi jiwa yang dipilih. Tanpa ada potongan-potongan lain seperti biaya pengelolaan unit investasi, biaya a, biaya b, dan biaya lainnya seperti pada asuransi tipe unit link.

Namanya saja asuransi jiwa murni, jadi jelas yang anda dapatkan adalah MANFAAT tanpa KEUNTUNGAN.

Jika anda ingin mendapatkan keuntungan di masa depan yang OPTIMAL, pisahkan asuransi dan investasi. Namun jika anda nggak mau repot, unit link adalah yang terbaik untuk anda. Ingat, yang terpenting adalah KETAHUI KEBUTUHAN MANFAAT YANG INGIN ANDA TERIMA. Salam MAPAN, demi masa depan keuangan yang lebih baik! (ctr) 

BACA JUGA
Yuk, Mulai Ber-Investasi Reksadana!
Pengalaman Ikut Asuransi